Monday, February 11, 2019

Biaya Kuliah UGM Terbaru | Info Biaya Kuliah


Biaya Kuliah UGM - Universitas Gajah Mada (UGM) merupakan salah satu universitas terkemuka di Indonesia yang memiliki peminat calon pendaftar baru yang sangat tinggi, bukan hanya di Indonesia saja, bahkan nama UGM sudah terkenal sampai luar negeri.

Ketika kalian ingin mendaftar sebagai mahasiswa baru di UGM, salah satu hal yang perlu kalian tahu adalah biaya kuliah.

Biaya kuliah itu merupakan biaya yang harus dikeluarkan oleh seorang mahasiswa untuk membiayai proses belajar selama masa perkuliahan.

Biaya kuliah di UGM saat ini menggunakan sistem Uang Kuliah Tunggal atau UKT yang merupakan ketentuan pembayaran uang perkuliahan yang ditetapkan oleh Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan yang sudah diterapkan sejak 2013.

Besaran Uang Kuliah Tunggal (UKT) sendiri tergantung dari penghasilan orang tua atau wali atau penghasilan dari mahasiswanya sendiri.

Jika penghasilan orang tua anda besar, maka Uang Kuliah Tunggal (UKT) yang harus dibayarkan juga akan besar, begitu juga sebaliknya jika penghasilan orang tua anda rendah maka Uang Kuliah Tunggal (UKT) yang harus dibayarkan akan rendah.

A. Biaya Kuliah UGM Jenjang Diploma

Biaya Kuliah UGM Jenjang Diploma terdiri dari Diploma III dan Diploma IV. Berikut rinciannya :


B. Biaya Kuliah UGM Jenjang Sarjana

Sama seperti jenjang Diploma, jenjang Sarjana juga menggunakan sistem Uang Kuliah Tunggal atau UKT.

Pembayaran Uang Kuliah Tunggal (UKT) dilakukan setiap awal semester yang penentuan kategori kelompok UKT didasarkan pada jumlah penghasilan kotor ayah dan ibu ditambahkan dengan penghasilan tambahan ayah dan ibu (jika ada), dengan kriteria sebagai berikut :

  • UKT 0 - Peserta Bidikmisi
  • UKT 1 - Penghasilan ≤ 500.000
  • UKT 2 - Penghasilan 500 < Penghasilan ≤ 2.000.000
  • UKT 3 - 2.000.000 < Penghasilan ≤ 3.500.000
  • UKT 4 - 3.500.000 < Penghasilan ≤ 5.000.000
  • UKT 5 - 5.000.000 < Penghasilan ≤ 10.000.000
  • UKT 6 - Penghasilan > 10.000.000
Dengan mengetahui pembagian kategori Uang Kuliah Tunggal (UKT) tersebut, maka kalian bisa memprediksi seberapa besar uang yang harus dibayarkan tiap semester sesuai dengan kategori. Untuk lebih jelasnya, berikut rincian untuk setiap kategori Uang Kuliah Tunggal (UKT) pada setiap program studi jenjang Sarjana di UGM.


C. Biaya Kuliah Pasca Sarjana UGM

Sama seperti jenjang Diploma dan Sarjana, jenjang Pasca Sarjana UGM juga menerapkan sistem Uang Kuliah Tunggal. Namun tarif Uang Kuliah Tungga (UKT) jenjang ini tanpa dibeda-bedakan dalam kategori, atau disamaratakan setiap mahasiswanya.

Untuk rincian biaya kuliah Pasca Sarjana UGM bisa di lihat di website UGM atau bisa klik di sini.

No comments:

Post a Comment