Saturday, April 15, 2017

Tips Untuk Calon Mahasiswa Baru | Mahasiswa Rantau



Bagi para calon mahasiswa baru banyak hal yang diperlukan, apalagi kalau anak rantau, jauh jauh ke kota orang untuk menempuh pendidikan dan tidak ada teman atau saudara untuk mengetahui beberapa hal yang perlu disiapkan. Saya juga mahasiswa rantau, jauh dari orang tua, lingkungan baru merupakan hal yang paling harus siap dirasakan oleh anak rantau, ok langsung saja disini saya akan memberikan informasi untuk beberapa hal yang perlu dipersiapkan.

1. Berkas Kebutuhan Kampus

Banyak calon mahasiswa baru yang menyepelekan hal ini, "ah besok saja masih bisa nyusul kok", mungkin beberapa berfikir seperti itu, padahal faktanya disetiap kampus mengharuskan calon mahasiswanya untuk melengkapi berkas yang perlu diserahkan secepat mungkin. Berkas seperti legalisir ijazah, legalisir laporan nilai atau rapot serta berkas yang dicantumkan lainnya yang wajib dikumpulkan sering kali menjadi masalah bagi calon mahasiswa, "masih bisa dikirm kok lewat pos" memang hal ini bisa dilakukan tetapi anda harus berfikir pula kalau pos atau jasa pengiriman bisa saja menjadi penghambat seperti berkas tidak diterima sesuai estimasi, berkas hilang dan sebagainya, ada baiknya anda menyiapkan berkas berkas jauh jauh hari, untuk ijazah memang tidak bisa cepat keluarnya tapi sekolah memberikan opsi seperti surat keterangan nilai ijazah sementara.

2. Persiapakan Diri

Jika anda seorang mahasiswa rantau, hal ini wajib dilakukan, karna anda akan merasakan lingkungan yang berbeda serta jauh dai orang tua, anda harus meyakinkan diri anda sesiap mungkin demi kebaikan anda sendiri. Banyak mahasiswa rantau baru yang keluar dan pulang ke kampung halaman karna tidak terbiasa dan tidak betah dengan lingkungan barunya serta rasa kangen orang tua. Saya sarankan kalau rasa kangen muncul hubungi saja orang tua anda tekhnologi sekarang sudah sangat maju anda bisa melakukan video call untuk melihat wajah orang tua anda, rasa kangen itu wajar demi kebaikan anda dan pendidikan anda jasdi jangan karna hal ini anda harus keluar dan pulang ke kampung halaman, kuliah itu ga murah.

3. Cari Relasi atau Teman

relasi atau teman juga merupakan hal wajib yang perlu dicari oleh mahasiswa rantau, karna sebelum anda menuju daerah yang anda tuju, anda harus memikirkan dimana tempat anda menginap. Untuk anda yang tidak memiliki teman atau saudara di daerah tujuan anda bisa menghubungi komunitas perkumpulan pelajar dan mahasiswa asal daerah anda, untuk beberapa komunitas perkumpulan pelajar dan mahasiswa sudah memiliki asrama yang disediakan oleh pemerintah daerah sehingga anda bisa menginap sementara disana atau bisa tinggal disana melalu prosedur yang sudah ditentukan. Opsi lainnya adalah ajak orang tua anda ke daerah tujuan anda untuk mendampingi anda.

4. Mencari Kos atau Tempat Tinggal Lainnya

jika anda sudah resmi diterima sebagai mahasiswa anda selanjutnya harus mencari kos atau tempat tinggal lainnya. Untuk anda yang sudah memiliki kendaraan anda bisa mencari kos yang sedikit jauh dari kampus untuk menghemat biaya sewa kos, karna harga kos yang berdekatan atau berada di sekitar kampus memiliki harga yang lebih mahal, untuk anda yang belum memiliki kendaraan anda bisa mencari kos yang dekat dengan kampus walau harga yang ditawarkan sedikit mahal, atau anda bisa mencari kos yang sedikit jauh dari kampus tetapi kos anda harus berdekatan atau memiliki akses transportasi umum seperti busway dan yang lainnya.

5. Kendaraan atau Transportasi Umum

ini merupakan hal lumrah unutk setiap mahasiswa, tidak semua mahasiswa bisa memiliki kendaraan pribadi karna itu anda bisa memanfaatkan transportasi umum yang tersedia. Jika anda memiliki dana untuk membeli kendaraan pribadi tetapi dana itu tidak bisa untuk membeli kendaraan baru anda bisa membeli kendaraan bekas.

6. Tempat makan dan Biaya Makan

ini salah satu hal kecil yang sering dilupakan, tidak semua kos menyediakan jasa catering dan dapur, anda perlu mencari kos yang berdekatan dengan tempat makan atau warung makan. Tempat makannya pun harus sesuai dengan uang jajan anda, saya berikan contoh burjo di jogja mematok harga untuk nasi telur 6500 - 7500 perporsi utntuk minum es teh 1500 - 2000 pergelas atau anda bisa pesan air putih gratis, jadi untuk total sekali makan kurang lebih 10.000 tergantung pesanan anda, tidak setiap hari juga anda makan nasi telur terus menerus untuk itu biaya sekali makan kurang lebih 15.000, makan 1 hari 3 kali jadi total biaya makan 1 hari 45.000 lalu dikalikan 30 untuk total biaya makan 1 bulan 1350.000, ini adalah contoh kasar  yang saya berikan biaya untuk makan selama satu bulan bisa lebih hemat tergantung bagaimana anda mengatur uang jajan anda sendiri.

Ok untuk persiapan lain nanti saya akan update di artikel selanjutnya, persiapan diatas merupakan persiapan dasar yang anda butuhkan.

No comments:

Post a Comment