Friday, February 8, 2019

Biaya Kuliah ITB Terbaru | Info Biaya Kuliah


Biaya Kuliah ITB - Institut Tekhnologi Bandung (ITB) merupakan Perguruan Tinggi Negri (PTN) unggulan di Indoneisa yang berada di Kota Bandung, Jawa Barat. ITB memiliki program-program pendidikan terdiri dari Program Diploma, Sarjana Manajemen, Sarjana Kewirausahaan, Magister Administrasi Bisnis, Magister Sains Manajemen, dan Doktor Sains Manajemen.

Banyak sekali program yang ditawarkan ITB untuk calon mahasiswanya, tentunya jika kamu ingin melanjutkan pendidikan di sini kamu harus belajar dengan sungguh sungguh untuk memenuhi standar yang ditentukan oleh ITB.

ITB sendiri membuka jalur-jalur pendaftaran untuk calon mahasiswanya, seperti :

  • Jalur SNMPTN 
  • Jalur SBMPTN
  • Bidikmisi
  • Seleksi Ujian Tertulis untuk Diploma
  • Seleksi Ujian Tertulis untuk Pascasarjana
  • Seleksi Masuk untuk Apoteker
  • Seleksi Masuk untuk Mahasiswa Luar Negeri
Melalui jalur-jalur yang ada di atas, kamu bisa memilih salah satu sesuai dengan keinginan dan ketentuan yang berlaku.

Untuk kamu yang sudah diterima atau ingin mendaftar tetapi masih bingung tentang biaya kuliah di ITB, tenang saya akan memberikan informasi mengenai itu. ITB sendiri memiliki sistem Uang Kuliah Tunggal (UKT), sistem ini sudah diterapkan sejak 2013. Perlu kamu ketahui Uang Kuliah Tunggal (UKT) merupakan suatu sistem pembayaran biaya pendidikan mahasiswa dalam satu masa studi (misalnya 4 tahun) yang nantinya akan dibagi rata tiap semester. 

Biasanya besaran biaya Uang Kuliah Tunggal (UKT) akan disesuaikan dengan data ekonomi keluarga mahasiswa yang bersangkutan. Jika keluarga kamu memiliki penghasilan menengah ke atas maka Uang Kuliah Tunggal (UKT) yang harus dibayarkan memiliki nominal yang cukup besar, begitu juga sebaliknya jika keluarga kamu memiliki penghasilan yang rendah maka Uang Kuliah Tunggal (UKT) yang harus dibayarkan memiliki nominal yang kecil.

Uang Kuliah Tunggal (UKT) di ITB dibagi menjadi dua bagian yaitu UKT Fakultas/Sekolah SBM dan UKT Fakultas/Sekolah non SBM.

Berikut ada tabel biaya kuliah jenjang Sarjana (S1) Institut Tekhnologi Bandung (ITB) untuk UKT Fakultas/Sekolah SBM dan non SBM. 


Institut Tekhnologi Bandung (ITB) juga menyediakan subsidi pendidikan bagi mahasiswanya yang tidak mampu secara ekonomi, untuk besarannya beragam 20%, 40%, 60%, dan 100% sesuai dengan syarat dan ketentuan dari ITB. Jadi bagi mahasiswa yang keberatan dengan besaran atau biaya kuliah di ITB dapat mengajukan subsidi sesuai dengan kemampuan ekonominya. Jadi nantinya setiap mahasiswa hanya akan dikenakan biaya pendidikan tiap semesternya yang besarnya berkisar antara Rp.0,- sampai Rp.10.000.000,-.

Jika kamu masih bingung mengenai biaya kuliah di ITB atau memiliki beberapa pertanyaan, kamu bisa klik link di sini.



No comments:

Post a Comment