Tuesday, May 29, 2018

Daftar Perguruan Tinggi Swasta ( PTS ) Favorit di Jogja | Info Kampus

Untuk para calon maba yang gagal jangan pernah kecewa karena ditolak oleh perguruan tinggi negeri favorit. Karena setiap perguruan tinggi negeri memiliki keterbatasan kuota penerimaan maba dan faktor lainnya seperti standar nilai rata rata yang tinggi, mungkin itu belum menjadi rejeki kalian. Jangan pernah putus asa dalam proses meraih cita-cita anda, masih banyak jalan lainnya yang bisa kalian ambil.

Salah satu jalannya adalah melalui perguruan swasta, banyak sekali yang bilang perguruan swasta hanya mahal saja tapi prestasi tidak ada. Jangan salah sangka beberapa perguruan swasta memiliki prestasi dibidang tertentu yang dapat menyaingi bahkan melebihi prestasi perguruan tinggi.

Dalam artikel kali ini saya akan memberikan beberapa daftar perguruan swasta favorit di Jogja. Perguruan swasta ini bisa menjadi refrensi lain selain perguruan favorit kalian. Berikut ini adalah daftar perguruan tinggi swasta favorit di Jogja.

1. Universitas Muhammadiyah Yogyakarta ( UMY )


Setelah diresmikan berdiri pada 1 Maret 1981 UMY memiliki banyak sekali prestasi yang diraih sampai saat ini. Kampus ini memiliki visi menjadi Universitas yang unggul dalam pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi dengan berlandaskan nilai-nilai Islam untuk kemaslahatan umat. Akreditasi UMY adalah A ( akreditasi ban-pt 2017 - 2022 ). UMY memiliki banyak jurusan seperti ilmu hukum, pendidikan dokter, teknik mesin dan lainnya untuk lengkapnya klik di sini. Prestasi yang di raih UMY adalah mewakili Indonesia dalam ajang YSEALI, meraih posisi ke 5 pada kontes mobil hemat energi 2015 dan masih banyak lagi, untuk lengkapnya cek di sini


2. Universitas Islam Indonesia ( UII )


Universitas Islam Indonesia (UII) adalah salah satu perguruan tinggi swasta terkemuka di Indonesia. Terinspirasi oleh semangat nasionalisme dan berpedoman pada nilai-nilai perennial, UII didirikan satu bulan sebelum proklamasi kemerdekaan Indonesia pada tahun 1945. Saat ini, UII telah tumbuh berkembang menjadi tempat pembelajaran yang terpilih. Berlokasi di utara Yogyakarta, jantung kebudayaan Jawa, kampus utama UII tepat menghadap ke keindahan Gunung Merapi yang menakjubkan, yang menjadikan UII sebagai tempat yang tepat untuk belajar. UII sendiri memiliki akreditasi A. UII memiliki beberapa fakultas seperti fakultas ekonomi, fakultas kedokteran dan fakultas lainnya, untuk lengkapnya cek di sini. Beberapa prestasi yang dirauh UII adalah  mahasiswa UII meraih penghargaan di International Conference on Technology and Social Science 2018 di Jepang, mahasiswa UII meraih penghargaan di EuroMUN 2018 dan masih banyak lagi.

3. Universitas Atma Jaya Yogyakarta ( UAJY )


Universitas Atma Jaya Yogyakarta (UAJY) adalah lembaga pendidikan tinggi swasta yang didirikan oleh kaum awam Katolik dan dikelola oleh Yayasan Slamet Rijadi – Yogyakarta, di bawah lindungan Santo Albertus Magnus. Universitas Atma Jaya Yogyakarta lahir pada tanggal 27 September 1965, dengan tujuan untuk ikut serta mencerdaskan kehidupan bangsa melalui pendidikan yang berdimensi lokal serta berorientasi global. UAJY sendiri memiliki banyak jurusan seperti ilmu hukum,teknik sipil,arsitektur dan lainnya, untuk lengkapnya cek di sini. Akreditasi dari UAJY adalah A, untuk lengkapnya cek di sini. Prestasi dari UAJY antara lain meraih mendali emas dan perunggu dalam ajang Hapkido Indonesia, menjadi wakil Indonesia di Asian jurnalism Research Conference dan masih banyak lagi, untuk lengkapnya cek di sini

4. Universitas Teknologi Yogyakarta ( UTY )


UTY berdiri pada 23 oktober 2003. UTY merupakan gabungan dari 3 universitas yaitu Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Yogyakarta ( STIEYO ), Akademi Bahasa Asing Yogyakarta ( ABAYO ), dan STMIK Dharma Bangsa.UTY memiliki visi besar dan jauh kedepan yaitu menjadi sebuah Universitas penting dan unggul di Indonesia tahun 2021. Akreditasi UTY adalah B. UTY memiliki banyak fakultas di antaranya fakultas ekonomi dan bisnis,humaniora,teknologi informasi dan elektro,fakultas sains dan teknologi,fakultas pendidikan. Prestasi dari UTY antara lain Menjuarai Kompetisi Bangunan Air Indonesia ( KBAI ) di Universitas Brawijaya Malang, dan masih banyak lagi, untuk lengkapnya cek di sini

5. Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta ( UAD )


Universitas Ahmad Dahlan (UAD) merupakan pengembangan dari Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan (IKIP) Muhammadiyah Yogyakarta.  IKIP Muhammadiyah Yogyakarta sebagai Lembaga Pendidikan Tinggi merupakan pengembangan FKIP Muhammadiyah Cabang Jakarta di Yogyakarta yang didirikan pada 18 November 1960. FKIP Muhamadiyah merupakan kelanjutan kursus BI Muhammadiyah di Yogyakarta yang didirikan tahun 1957, pada waktu itu kursus BI memiliki Jurusan Ilmu Mendidik, Civic Hukum dan Ekonomi. Pada 19 Desember 1994 dengan Surat Keputusan (SK) Mentri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia No : 102 /D0/1994 ditetapkan bahwa IKIP Muhamadiyah Yogyakarta beralih fungsi menjadi Universitas Ahmad Dahlan. Akreditasi UAD adalah A. UAD memiliki banyak fakultas di antaranya fakultas hukum,ekonomi,psikologi dan lainnya, untuk lengkapnya cek di sini. Prestasi UAD adalah mahasiswa UAD juara 2 Mawapres kopertis V, juara 2 Liga Mahasiswa, dan masih banyak lagi, untuk lengkapnya cek di sini.

6. Universitas Sanata Dharma Yogyakarta ( USD )


USD berdiri pada 20 april 1993, sebelumnya USD memiliki nama PTPG Sanata Dharma ( 1955 - 1958), FKIP Sanata Dharma ( 1958 - 1965 ), IKIP Ssnata Dharma ( 1965 - 1993 ). USD memiliki visi Menjadi penggali kebenaran yang unggul dan humanis demi terwujudnya masyarakat yang semakin bermartabat. Pendidikan di USD bertujuan membantu mencerdaskan putra-putri bangsa dengan memadukan keunggulan akademik dan nilai-nilai humanistik yang berlandaskan nilai-nilai – nlai Kristiani yang universal dan cita-cita kemanusiaan sebagaimana terkandung dalam Pancasila, sehingga memiliki kemampuan akademik sesuai dengan bidang studinya dan integritas kepribadian yang tinggi. Akreditasi USD adalah A. USD memiliki banyak fakultas di antaranya fakultas ekonomi, fakultas farmasi, fakultas keguruan dan pendidikan dan masih banyak lagi, untuk lengkapnya cek di sini. Prestasi dari USD antara lain meraih emas di PIMNAS 2017 dan masih banyak lagi.

7. Universitas Kristen Duta Wacana ( UKDW )


Universitas Kristen Duta Wacana didirikan pada tahun 1985 sebagai pengembangan dari Sekolah Tinggi Theologia (S.T.T.) Duta Wacana. S.T.T. Duta Wacana sendiri didirikan pada tahun 1962 sebagai penggabungan dari Akademi Theologia Jogjakarta dan Sekolah Theologia Bale Wiyata, Malang. Visi dari UKDW adalah Menjadi universitas Kristen unggul dan terpercaya yang melahirkan generasi profesional mandiri bagi dunia pluralistik berdasarkan kasih. Akreditasi UKDW adalah B. Fakultas yang ada antara lain fakultas teologi, fakultas arsitektur dan desain, fakultas bioteknologi dan lainnya, untuk lengkapnya cek di sini. Prestasi dari UKDW antara lain juara 4 di Mizuno University Futsal Turnamen 2018, juara 1,2, dan 3 di Essay Writing Competititon, dan masih banyak lagi, untuk lengkapnya cek di sini.

8. Universitas Amikom Yogyakarta ( AMIKOM )


AMIKOM berdiri pada tanggal 29 desember 1992, sebelumnya AMIKOM bernama STMIK AMKOM Yogyakarta, lalu pada tanggal 20 januari 2017 berubah menjadi Universitas Amikom yogyakarta. AMIKOM memiliki 16 Program Studi, dengan perincian Sebagai berikut: S2 Magister Teknik Informatika, S1 Informatika, S1 Sistem Informasi, S1 Teknologi Informasi, S1 Rekayasa dan Teknik Komputer, S1 Arsitektur, S1 Geografi, S1 Perencanaan Wilayah dan Tata Kota, S1 Ekonomi, S1 Akuntansi, S1 Kewirausahaan, S1 Ilmu Komunikasi, S1 Hubungan Internasional, S1 Ilmu Pemerintahan, D3 Teknik Informatika, dan D3 Manajemen Informatika. Akreditasi AMIKOM adalah B. Prestasi dari AMIKOM antara lain membuat film Battle of Surabaya, membuat film Aji Saka ( comming soon 2019 ), dan masih banyak lagi, untuk lengkapnya cek di sini.

9. Universitas Aisyiyah Yogyakarta ( UNISA )


UNISA awalnya bernama STIKES Aisyiyah Yogyakarta, kemudian di 2016 berganti menjadi Universitas Aisyiyah yogyakarta. UNISA memiliki 3 fakultas yaitu FIKES,FST, dan FEISHUM. Untuk prodi lengkapnya bisa dicek di sini. Akreditasi UNISA adalah B. Prestasi yang diraih UNISA antara lain juara 3 lomba Karya Tulis Ilmiah Islami, pemenang lomba Essai Bahasa Inggris HPEQ dan masih banyak lagi, untuk lengkapnya cek di sini.

10. Sekolah Tinggi Teknologi Nasional Yogyakarta ( STTNAS )


Sekolah Tinggi Teknologi Nasional (STTNAS) Yogyakarta adalah Perguruan Tinggi yang diselenggarakan oleh Yayasan Pendidikan Teknologi Nasional Yogyakarta (YPTN), sebuah yayasan yang didirikan oleh para mantan Tentara Pelajar (TNI – AD Be-XVII) dengan Akta Notaris Raden Mas Soerjanto Partaningrat, S.H, Nomor 24 tanggal 17 Maret 1972. Visi dari STTNAS Menjadi Perguruan Tinggi “Center Of Excellence” Dalam Ilmu Pengetahuan, Teknologi, Dan Seni Pada Tahun 2026. STTNAS memiliki jurusan teknik elektro,teknik geologi,teknik mesin,teknik sipil. Akreditasi STTNAS adalah B. Prestasi dari STTNAS antara lain juara 3 Cabang Olahraga Panjat Tebing Lead Putra, juara 3 Cabang Olahraga Atletik, dan masih banyak lagi, untuk lengkapnya cek di sini.

11. Institut Sains & Teknologi AKPRIND Yogyakarta ( AKPRIND )


IST AKPRIND didirikan pada awalnya sebagai Akademi Perindustrian dan Akademi Teknologi Industri dengan SK Yayasan pada tanggal pada 7 Mei 1970 kemudian pada tanggal 7 Mei 1986 berubah menjadi Institut Teknologi AKPRIND. Visi Menjadi IST AKPRIND yang favorit dan unggul di bidang sains dan teknologi secara nasional. Fakultas yang ada antara lain fakultas teknologi industri, fakultas sains terapan dan fakultas teknologi mineral. AKPRIND memiliki akreditasi B. Prestasi yang diraih antara lain 2 mahasiswa AKPRIND meraih juara 2 beregu dan juara 3 perorangan Kejurda Yongmoodo Piala Danrem 072/Pamungkas, runner up Robot ABU Indonesia di Universitas PGRI Semarang dan masih banyak lagi untuk lengkapnya, cek di sini.


Itulah beberapa perguruan tinggi swasta favorit menurut saya, sebenarnya masih banyak lagi perguruan-perguruan tinggi swasta lainnya di Jogja.


No comments:

Post a Comment